Ini Cara Kalibrasi pH Meter, Menyimpan pH Meter, Merawat pH Meter

Distributor pH Meter Tanah 0812 2445 1004

Daftar isi:


pH meter standar industri

Pentingnya Merawat pH Meter

Bagi para pemilik pH meter, baik skala perorangan seperti pH meter kolam, pH meter hidroponik; ataupun skala industri, merawat pH meter adalah sebuah keharusan yang penting untuk dikontrol secara maksimal.

Orang atau tim yang dipercaya perusahaan untuk merawat pH meter harus mempertahankan kinerja pH meter sebaik dan sepanjang mungkin sampai memang waktunya harus diganti karena usia pakai atau kebutuhan lain yang dengannya membutuhkan tingkat akurasi dan tingkat presisi lebih tinggi.

Hal ini karena sangat berkaitan dengan faktor ekonomis, dimana pH meter standar industri bisa berharga sangat tinggi, bahkan banyak yang di atas 5000 USD.

Namun harga tersebut bisa dirasa sangat ekonomis jika value yang diberikan pH meter tersebut maksimal untuk produktivitas perusahaan.

Bisa juga harga pH meter dirasa sangat mahal jika pH meter tersebut cepat diganti karena rusak hanya karena pemilik atau orang yang ditunjuk tidak merawat pH meter sebagaimana mestinya.

Begitupula dengan pemilik pH meter perorangan, misalnya untuk kebutuhan pengukuran pH ikan di aquarium dan kolam, atau mengukur pH larutan nutrisi hidroponik.

Jika pH meter tersebut bisa dipakai dengan maksimal, maka harga pH meter pun akan terasa murah. Sebalikya jika cepat rusak karena tidak dirawat, maka melihat harga pH meter berapapun akan terasa mahal.

Secara ringkas, sangat penting Bapak Ibu merawat pH meter karena 5 hal:

  • Memastikan kinerja pH meter tetap optimal
  • Memastikan pengukuran pH meter akurat dan presisi
  • Mempertahankan semua fungsi dan sparepart pH meter
  • Memaksimalkan usia pakai pH meter
  • Menghemat anggaran

Memastikan kinerja pH meter tetap optimal

Saat Bapak Ibu memilih dan membeli pH meter, apa ekspektasi Bapak Ibu terhadap barang tersebut?

Tergantung spesifikasi, Bapak Ibu berharap ia dapat mengukur pH larutan dengan akurat, presisi, waktu yang cepat, dan membantu Bapak Ibu dalam mengerjakan proses industri lainnya.

Ketika salah satu sparepart pH meter rusak, maka bisa jadi berpengaruh pada pembacaan pH ataupun menyulitkan karena banyak fungsi yang tidak berjalan, misalnya tombol-tombolnya tidak bisa dipencet karena ada kotoran yang menghambat, atau ada bagian yang tidak berfungsi karena tidak disimpan dengan baik.

Oleh karena itu, perawatan optimal dapat membantu kinerja pH meter konsisten hingga mencapai usia pakainya.

Memastikan pengukuran pH meter akurat dan presisi

Salah satu perawatan pH meter yang esensial adalah rutin dalam melakukan kalibrasi.

Dengan melakukan kalibrasi setiap sebelum melakukan pengukuran, Bapak Ibu akan mendapatkan hasil yang paling presisi dan dapat dipertanggungjawabkan.

Namun jika jarang melakukan kalibrasi atau bahkan tidak melakukan kalibrasi, pengukuran pH tidak akan presisi sehingga bisa berakibat fatal

Bayangkan jika Bapak Ibu tidak melakukan kalibrasi, lalu menggunakan pH meter untuk mengukur pH aquarium dan mendapatkan nilai pH aman untuk ikan, padahal pada faktanya keluar dari rentang pH aman.

Tidak terasa, ikan-ikan Bapak Ibu akan mengalami masalah dan bisa mati meskipun Bapak Ibu merasa telah memberikan perawatan terbaik untuk ikan.

Padahal, permasalahannya terletak pada pembacaan pH yang tidak presisi.

Oleh karena itu, agar pengukuran pH meter selalu akurat dan presisi, penting untuk melakukan perawatan pada pH meter Bapak Ibu.

Mempertahankan semua fungsi dan sparepart pH meter

Setiap pH meter memiliki keunikan masing-masing tergantung dari spesifikasi per tipenya.

Misalnya pH meter Apera PH 850.

pH meter ini memiliki berbagai fitur, seperti layar LCD yang jelas dan kontras, stand yang dapat dilipat sehingga bisa diletakkan di meja, ada pelindung silicon sehingga mampu menahan benturan.

Semua fitur ini mendukung pengguna pH meter Apera PH 850 untuk melakukan tugas-tugasnya dengan mudah.

Tanpa perawatan yang rutin, bisa saja "mendadak" fitur-fitur ini tidak bekerja, misalnya layar LCD menjadi buram atau pecah, stand nya patah, atau pelindung silicon nya robek atau coak karena tidak pernah diperhatikan.

Oleh karena itu, perawatan pH meter yang maksimal dapat mempertahankan semua fungsi dan sparepart bawaan pabrik memberikan manfaat yang banyak pada pengguna.

Memaksimalkan usia pakai pH meter

Setiap produk memiliki usia pakai yang berbeda-beda sebagaimana saat diproduksi oleh pabrik.

Contohnya lampu yang Bapak Ibu pakai, tentu ada usia pakai nya kan? Misalnya satu tahun, dua tahun, dan sebagainya.

Ada produk yang didesain memang hanya bertahan satu tahun, ada juga produk yang didesain untuk bertahan sepuluh tahun bahkan lebih.

Saat Bapak Ibu membeli sebuah pH meter, maka sebaiknya Bapak Ibu juga memperhatikan keterangan ini, yang biasanya dicantumkan di dalam manual atau dokumen lainnya bersamaan barang.

Mungkin bukan angka eksak, melainkan angka rentang tertentu, namun itu bisa menjadi gambaran bagi Bapak Ibu.

Apalagi untuk kebutuhan perusahaan, ada yang disebut sebagai biaya depresiasi atau penyusutan, yang dihitung berdasarkan ekspektasi usia pakai produk tersebut.

Oleh karena itu, jika pH meter tidak dirawat dengan baik, bisa jadi ia rusak sebelum mencapai ekspektasi usia pakainya.

Menghemat anggaran

Tentunya, jika pH meter tidak dirawat dengan baik dan rusak sebelum mencapai ekspektasi usia pakai, Bapak Ibu atau perusahaan harus membeli kembali pH meter karena memang produk ini sangat vital dalam proses yang Bapak Ibu kerjakan.

Lebih sering membeli berarti lebih sering mengeluarkan biaya, apalagi jika harus membeli pH meter setiap tahun, tentu itu hal yang sangat tidak diinginkan.

Harga pH meter itu sangat bervariasi di pasaran. Di marketplace ada pH meter yang harganya 100 ribu bahkan di bawah itu juga ada.

Tapi ada juga pH meter benchtop yang harganya mencapai 100 juta rupiah.

Namun berapapun harga pH meter yang digunakan, biaya merawat pH meter ini jauh lebih murah jika dibandingkan harus membeli barang yang baru.

Cara Kalibrasi pH Meter

Kalibrasi pH meter Anda secara teratur sangat penting. Kami menyarankan Bapak Ibu melakukan kalibrasi setiap kali sebelum pengukuran pH untuk mendapatkan hasil yang sepresisi dan seakurat mungkin.

Sebagian besar pH meter industri dapat dikalibrasi. Namun sebagian pH meter yang harganya murah seringkali tidak bisa dikalibrasi, sehingga jika pembacaan sudah tidak akurat, maka pengguna tinggal membeli produk yang baru.

Tentu saja hal ini hanya memungkinkan pada aplikasi yang memiliki rentang toleransi pH sangat besar.

Berbeda dengan industri yang membutuhkan tingkat akurasi hingga ± 0,01 pH, maka kalibrasi wajib dilakukan dengan benar dan oleh para profesional yang memiliki kompetensi tertentu.

Prinsip kalibrasi pH meter adalah dengan menggunakan larutan buffer, atau larutan yang sudah diketahui pH nya. Larutan buffer atau larutan penyangga ini tidak akan berubah nilai pH nya meski ditambahkan air, sehingga bisa menjadi standar internasional yang bisa dipakai di mana saja.

Pada larutan buffer dituliskan nilai pH nya, misalnya buffer pH 4,01, pH 6,86, pH 9,18, dan lain-lain.

Saat melakukan kalibrasi, pH meter akan menyesuaikan bacaan dengan nilai buffer pH sehingga untuk pengukuran pada larutan sebenarnya akan akurat dan presisi.

Kalibrasi dilakukan bisa dengan dua titik, tiga titik, empat titik, atau 5 titik, tergantung dari kemampuan pH meter itu sendiri.

Prinsipnya, semakin banyak titik kalibrasi, nilai pengukuran semakin presisi.

Cara Membersihkan Probe pH Meter

Menjaga elektroda Anda tetap bersih adalah cara mudah untuk memperpanjang umurnya. Di antara pengukuran, bilas elektroda dengan air destilasi atau air deionisasi.

Pembersihan yang lebih menyeluruh akan diperlukan jika lapisan mulai terbentuk di atas bohlam kaca atau jika kinerja perangkat tidak konsisten.

Untuk melakukannya, tempatkan dalam larutan pembersih elektroda selama 10-15 menit kemudian bilas sampai bersih dengan air suling.

Kebanyakan pH meter menyarankan agar Bapak Ibu tidak menyekanya dengan tisu atau kain, karena ini dapat menyebabkan listrik statis, yang dapat merusak elektroda.

Selalu Periksa manual pengguna untuk spesifikasi perangkat.

Setelah membilas elektroda, tempatkan perangkat kembali ke tutupnya dengan larutan penyimpanan.

Praktik terbaik adalah membiarkannya dalam larutan penyimpanan selama beberapa jam setelah dibersihkan.

Cara Menyimpan pH Meter

pH Meter industri memiliki carrying case dengan dalaman busa yang lembut agar pH meter dapat disimpan dengan aman.

Jauhkan alat dari kena sinar matahari secara langsung ataupun tempat-tempat yang lembab dan berpotensi tumbuh jamur karena ini dapat merusak alat.

Selalu masukkan kembali pH meter setelah selesai dipakai dan jangan dibiarkan bergeletak agar tidak terjadi kerusakan pada alat.

Tempat Jual pH Meter Tanah, pH Meter Air dan berbagai alat ukur kualitas air

Jika Bapak Ibu membutuhkan pH meter air, pH meter tanah silahkan hubungi sales kami.

Kontak

Telepon & Whatsapp: 0812 2445 1004
Email: adywater@gmail.com

Alamat

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194
rute google map klik: Ady Water Bandung

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480
rute google map klik: Ady Water Jakarta Barat

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830
rute google map klik: Ady Water Jakarta Timur

Kantor Cabang Surabaya:
Kupang Panjaan I No.18, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60264
rute google map klik: Ady Water Surabaya

Daftar produk Ady Water

  • Pasir silika / pasir kuarsa berbagai ukuran mesh (Batu silika, Pasir silika kasar, pasir silika halus, tepung silika halus / fine powder mesh 200 dan mesh 325)
  • Karbon aktif Jacobi, karbon aktif Calgon, karbon aktif Norit, karbon aktif Haycarb, karbon aktif KDK, karbon aktif Lokal
  • Activated alumina 3/16 inchi, 1/8 inchi, 1/4 inchi (all size)
  • Molecular sieve 4A, 5A, 13X, 13X APG, 13X HP (all size)
  • Pasir manganese Greensand Plus dan pasir manganese lokal
  • Pasir aktif Ferrolite Tohkemy Jepang dan pasir aktif lokal
  • Pasir antrasit import Tohkemy dan pasir antrasit lokal
  • Pasir zeolit (batu, gravel, tepung semua ukuran)
  • Resin kation anion merek Dowex / Dupont / Amberlite, Lewatit, Trilite, Suqing, Mitsubishi, Resinex, Thermax Tulsion, Purolite, Jacobi Resinex
  • Tabung filter air, valve filter air, tabung softener, valve softener berbagai ukuran mulai dari 6 inchi hingga 72 inchi
  • Silica gel sachetan blue, white, silica gel curah
  • Pasir garnet untuk sandblasting mesh 20-40 dan mesh 30-60
  • Glass beads untuk sandblastingh
  • Water strainer / nozzle merek KSH Jerman berbagai bentuk (strainer Jamur, Strainer Tulang, Strainer Bintang)
  • Alat ukur kualitas air (pH Meter, soil pH meter, DO meter, BOD COD meter, TDS meter, TSS meter, iron meter, manganese meter)
  • Ozone Generator Viqua dan Elitech berbagai kapasitas GPH
  • Cartridge Filter Air
  • Membran Reverse Osmosis dan Mesin RO berbagai kapasitas GPD

Terimakasih telah berkunjung di pasirsilika.com : Website pusat informasi pasir silika dan tempat jual pasir silika terpercaya

Silahkan download

Catalog Product Ady Water 2022 (pdf)

Company Profile Ady Water (pdf)